Tempe Mendoan | Jajanan Khas dari Purwokerto

tempe mendoan

Tempe mendoan adalah makanan yang terbuat dari tempe yang dilapisi adonan tepung lalu di goreng. Makanan satu ini merupakan salah satu jajanan khas dari Banyumas, Jawa tengah.

Nama tempe mendoan ini berasal dari kata “mendo”, yang arti dalam bahasa Banyumas adalah “setengah matang” atau “lembek”. Sesuai dengan nama tersebut, jajanan tempe jenis mendoan ini memiliki tekstur yang lembek karena cara digorengnya yang setengah matang.

Berbeda dengan tempe goreng pada umumnya di daerah lain yang kebanyakan digoreng hingga kering. Cara gorengnya yang setengah matang membuat tempe mendoan ini lebih menyerap minyak dan terlihat minyaknya yang membasahi badan tempe mendoan tersebut.

Proses Pembuatan Tempe Mendoan

Dalam proses pembuatanya, tempe dimasukan ke dalam adonan tepung yang sudah di bumbui. Kemudian digoreng di dalam wajan berisi minyak yang sudah panas. Menggoreng tempe ini tidak boleh terlalu lama, karena tekstur tempe mendoan ini lembek dan setengah matang.

Sehingga saat menggoreng, tempe harus cepat di angkat karena minyak yang untuk menggoreng sudah panas. Minyak yang di gunakan untuk menggoreng tempe ini harus banyak, agar seluruh badan tempe terkena minyak secara merata.

Mendoan harus disajikan saat hangat, karena bila sudah dingin tempe ini akan cenderung layu sehingga rasanyapun sudah berbeda. Untuk menambah kenikmatan, anda bisa menyantapnya bersama sambal kecap atau di santap dengan cabe rawit.

Makanan yang dapat dikategorikan sebagai jajanan ini juga bisa dijadikan lauk untuk makan atau makanan ringan untuk menemani bersantai bersama teman atau keluarga.

Sebagai makanan yang khas, tempe ini sangat mudah untuk ditemukan di Banyumas, khususnya kota Purwokerto sebagai daerah asal jajanan ini. Banyak warung tradisional yang menyediakan tempe jenis mendoan ini sehingga menikmatinya di daerah Purwokerto, Banyumas merupakan suatu keharusan..

Cukup sekian pengenalan tentang “Tempe Mendoan Jajanan Khas dari Banyumas,Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.