Resep Pembuatan Kue Basah Pukis Khas Banyumas

kue pukis

Kue pukis adalah makanan tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Banyumas, Jawa Tengah. Kue pukis ini tergolong dalam jenis kue basah. Ciri khas dari kue pukis ini adalah bagian bawahnya yang berwarna kuning dan bagian atasnya yang berwarna kecoklatan. Teksturnya yang lembut, aromanya yang harum, dan rasanya yang manis selalu membuat makanan ini dicari oleh setiap orang. Bahan dasar pembuatan kue pukis ini adalah telur, gula pasir, tepung terigu, ragi, dan santan.

Bahan baku dan cara pembuatan yang mudah serta rasanya yang disukai oleh setiap orang menjadi alasan jajanan ini mulai diperjualbelikan di pasar tradisional maupun tempat perbelanjaan sekitar anda. Bahkan saat ini, anda akan menemukan berbagai variasi rasa yang dilakukan oleh para pedagang terhadap kue pukis seperti coklat, kacang, keju, meises, ataupun daging sesuai dengan permintaan yang terdapat di pasar.

Resep Kue Pukis

Bahan-bahan

  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 3 butir telur ayam
  • 100 ml santan
  • 1 sendok makan ragi
  • Vanili secukupnya
  • Keju Cheddar secukupnya
  • Meises secukupnya

Langkah-Langkah Pembuatan Kue Pukis

  1. Pertama, siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan telur juga gula, lalu aduk sampai mengembang dengan mixer. Rag instan, terigu dan santan dimasukkan sedikit – sedikit sambil diaduk menggunakan mixer berkecepatan rendah agar tercampur rataa.
  2. Diamkan adonan selama 30 menit hingga mengembang dan berbuih.
  3. Selanjutnya, panaskan cetakan dan olesi permukaannya menggunakan margarin. Adonan dituang ke dalam cetakan, lalu tutup cetakan tersebut. Sebelum anda menuangkan adonan dalam cetakan, aduk terlebih dahulu.
  4. Jika pinggirannya sudah agak kering, taburi topping sesuai selera misalnya dengan keju cheddar dan meises coklat. Tutup lagi dan panggang sampai matang dengan api kecil. Agar mengetahui kue pukis matang atau belum, bisa anda pakai lidi yang ditusukkan di tengah kue. Bila tak ada adonan yang menempel itu tandanya sudah matang.
  5. Jika sudah matang, angkat dan sajikan selagi hangat.

Asal Usul Kue Pukis

Setelah kita melihat resep kue pukis, maka sedikit kami akn berbagi asal usul kue Pukis yang manis ini. Ternyata, kue yang punya banyak penggemar ini mempunyai nilai sejarah yang tidak boleh kamu lupakan. Kue yang bisa kamu jumpai sebagai jajanan pasar adalah makanan dari China yang bisa kamu nikmati saat ini.

Kisah ini bermula saat masa penjajahan, masyarakat Sampang Kebumen yang diculik penjajah saat itu. Penjajah mewajibkan mereka yang diculik untuk bekerja membuat kue pukis. Dulunya, resep kue pukis sendiri tidak pernah diceritakan kepada siapa pun. Tapi, entah mengapa seseorang di antara mereka ada yang mendapatkan bocoran tentang apa saja bahan yang digunakan untuk membuat pukis dan bagaimana cara pengerjaannya.

Akhirnya, seseorang tersebut mengetahui semua tentang pembuatan pukis. Dia langsung mempraktikkan membuat pukis sendiri. Hasilnya, kue pukis ini jadi primadona dan terkenal sampai seluruh Indonesia.