Rekomendasi Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta

rekomendasi tempat makan gudeg di yogyakarta

Berwisata ke Yogyakarta, tidak akan lengkap jika anda tidak mencoba kuliner makanan khasnya, gudeg. Makanan yang memiliki ciri khas berupa masakan nangka yang dimasak dengan santan serta warna coklat dari daun jati, sangatlah disukai oleh masyarakat sekitar dan para wisatawan yang pernah mencoba kuliner ini. Karena gudeg merupakan makanan khas dari Yogyakarta dan memiliki rasa yang khas, banyak tempat-tempat makanan di daerah tersebut yang menyediakan gudeg sebagai menu santapan untuk anda.

Tim bakul sempat melakukan pencarian terhadap makanan ini, namun tidak banyak restoran ataupun tempat makan di Yogyakarta dapat menyajikan gudeg dengan citarasa yang begitu enak dan membuat kami ingin kembali kesana. Nah, untuk anda yang ingin mencoba jalan-jalan ke Yogyakarta dan mencoba kuliner gudeg khas Jogja ini, kami sudah merangkum beberapa restoran dan tempat makan yang dapat anda jadikan pilihan.

Gudeg Yu Djum yang Melegenda di Jogja

Berdiri sejak 1951, Gudeg Yu Djum bisa dikatidakan sudah menjadi salah satu gudeg ikonik di Jogja. Tentunya bukan tanpa alasan gudeg yang dirintis oleh Djuwariyah itu bisa begitu dikenal oleh hampir semua orang.

Gudeg kering, dan pastinya manis juga, menjadi ciri khas Gudeg Yu Djum. Gorinya, alias nangka muda yang digunakan, berasal dari wilayah Prembun, Kebumen sedangkan ayamnya menggunakan ayam kampung dan telurnya dari telur bebek. Dengan tambahan areh kental dan sambal krecek, Gudeg Yu Djum dijamin akan membuat lidah kamu bergoyang!

Gudeg Yu Djum
Lokasi: Jalan Wijilan No. 167, Panembahan, Kraton, Panembahan, Kraton, Kota Yogya, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: mulai dari 9,000 IDR untuk satu porsi nasi gudeg

Gudeg Permata Bu Pujo, Spot Wajib Kuliner Malam di Jogja

Kamu tidak harus khawatir jika perut mulai keroncongan di malam hari kala berwisata ke Jogja karena banyak pilihan spot untuk kuliner malam, termasuk di antaranya tempat untuk menyantap gudeg yang manis dan gurih ini.

Gudeg Permata Bu Pujo buka mulai pukul 20.30 tetapi kamu mungkin harus antri untuk bisa merasakan melegendanya rasa dari gudeg di sisi barat gedung bioskop Permata ini. Sedikit bocoran, kamu akan merasakan gabungan rasa manis dan gurih dalam daging ayam kampung yang lembut, telur yang kenyal dan sambal krecek yang mengigit lidah. Gudeg Permata Bu Pujo harus masuk dalam daftar jujukan tempat makan gudeg di Jogja kamu, ya!

Gudeg Permata Bu Pujo
Lokasi: Jalan Gajah Mada, RT. 36 / RW. 07, Purwo Kinanti, Gunungketur, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per porsi

Menikmati Gudeg di Tengah Dapur ala Gudeg Pawon

Ingin mencoba masakan gudeg langsung di ‘pabriknya’? Mengapa tidak langsung mengunjungi Gudeg Pawon di wilayah Umbulharjo, Jogja. Tapi kamu kudu siap antri setidaknya satu jam di tengah malam untuk bisa menikmati sajian khas ini. Tapi, dijamin worth it banget, kok!

Buka mulai pukul 22.00, dan hanya selama tiga jam, warung gudeg yang dirintis oleh Bu Prapto Widiarso ini menawarkan gudeg basah. Dengan sambal krecek pedas, ayam kampung lembut dan telur yang kenyal, tetap dengan rasa manis dan gurih, sensasi menyantap makanan langsung di dapur orang menjadikan Gudeg Pawon suatu pengalaman kuliner tersendiri. Apalagi kamu bisa melihat langsung aktivitas pemilik ‘pawon’ memasak dengan tungku tradisional yang pastinya akan sangat menarik!

Gudeg Pawon
Lokasi: Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: Mulai dari 11,000 IDR untuk satu porsi nasi gudeg

Gudeg Jogja dengan Cita Rasa Solo di Gudeg Ceker Sedep Raos

Jika kamu biasa menyantap gudeg dengan potongan paha bawah atau dada dari ayam kampung, tidak ada salahnya mencicipi gudeg yang khusus menyajikan bagian ceker dari ayam dengan cita rasa yang sepenuhnya berbeda dari kebanyakan. Rekomendasi tempatnya di warung Sedep Raos, Seturan.

Rasanya tidak terlalu manis – cita rasa inilah yang membedakan masakan gudeg dari Solo dengan Jogja. Sementara arehnya tetap gurih, sambal krecek juga pedas dan tekstur gori berserat dan mirip daging. Ada pun cekernya berasa lembut dengan tulang yang enak untuk terus dikecap. Pas bagi kamu yang menyukai sensasi baru dalam mencicipi kuliner di kota Jogja. Tertarik mencoba?

Gudeg Ceker Sedep Raos
Lokasi: Jl. Affandi No.30, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per porsi gudeg ceker

Gudeg Kekinian Bersama Gudeg Bu Tjitro 1925

Ingin berbagi rasa gudeg dengan orang terkasih di kampung halaman? Kamu bisa membawa pulang paket gudeg lengkap dalam besek mau pun kendil. Tapi kini ada cara yang lebih praktis dan kekinian, serta jauh lebih awet ketimbang dua di atas, lho! Gudeg Bu Tjitro 1925 mengeluarkan varian gudeg kaleng. Wow!

Gudeg Bu Tjitro sendiri termasuk salah satu pioner tempat makan gudeg di Jogja, bahkan menjadi salah satu yang terbaik. Untuk menambah pangsa pasar, Bu Tjitro melakukan inovasi, di antaranya memasukkan masakan gudeg dalam kaleng tanpa mengurangi cita rasa masakan. Pas, kan untuk oleh-oleh mereka yang di kampung halaman?

Gudeg Bu Tjitro 1925
Lokasi: Jalan Janti No. 330, Depan JEC (JOGJA EXPO CENTER), Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: Mulai dari 26,000 IDR per kaleng

Gudeg Manggar Bu Jumilan, Gudeg Langka di Pinggiran Jogya

Bila gudeg biasanya berbahan dasar nangka muda, tidak demikian dengan Gudeg Manggar yang berasal dari daerah Bantul. Bahan yang digunakan adalah bunga muda pohon kelapa, yang menjadikan tekstur gudeg menjadi lebih padat. Meski begitu, rasa khas gudeg yang manis, areh yang gurih dan sambal krecek yang pedas tetap dipertahankan, kok!

Karena bahan dasar yang tidak biasa, agak sulit menemukan tempat makan gudeg di Jogja yang menyajikan menu ini. Namun, hal ini menjadi menarik karena kamu mendapat kesempatan menjelajah Bantul kalau mau menemukan sajian ini. Dijamin, setelah menemukan warung makan gudeg ini, kamu tidak akan menyesal dengan cita rasa yang kamu dapatkan.

Gudeg Manggar Bu Jumilan
Lokasi: Jalan Srandakan Km.8, Mangiran, Srandakan, Trimurti, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per porsi

Mencicipi Gudeg Dengan Sensasi Api di Lidah di Gudeg Mercon Bu Tinah

Image credit: @elshafitria
Biasa merasakan gudeg dengan rasa yang manis, mungkin kamu bisa mencicipi nuansa yang berbeda. Tertarik mencoba yang membakar lidah? Jika iya, tidak ada salahnya mengunjungi dan merasakan sensasi makan di Gudeg Mercon Bu Tinah, yang akan membuat kamu menangis sekaligus keringetan. Wih!

Meski terkenal pedas, salah satu spot makan gudeg di Jogja ini selalu ramai pengunjung. Bahkan tidak jarang pula artis ibukota datang dan mencicipi pedasnya kuliner ini. Tapi jika kamu juga tertarik untuk mencoba, kamu harus siap antri untuk mendapatkan seporsi sajian gudeg mercon ini, ya!

Warung Gudeg Mercon Bu Tinah
Lokasi: Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: Mulai dari 16,000 IDR per porsi

Gudeg Mbah Lindu yang Tidak Lekang oleh Waktu

Hampir semua penjual gudeg ternama di Jogja sudah mewariskan usahanya ke generasi berikutnya. Namun tidak demikian dengan Mbah Lindu. Berjualan sejak masa penjajahan Jepang, Gudeg Mbah Lindu memiliki ketenarannya sendiri. Sang penjual, Mbah Lindu, yang nyaris berusia satu abad, juga masih setia memberikan layanan terbaiknya secara langsung kepada pelanggannya.

Mbah Lindu juga terkenal ramah dan bersedia bercerita mengenai perjalanan sejarah yang dijalaninya, termasuk bertransaksi dengan mata uang benggol dan sen. Dia juga menjadi saksi sejarah kedatangan Jepang ke Indonesia. Saat makan di warung gudeg Mbah Lindu, kamu juga bisa merasakan kesederhanaan khas Jogja. Tapi jangan pertanyakan cita rasa yang ditawarkan, karena konon kabarnya, rasa gudegnya masih sama dengan era penjajahan di masa silam. Sehat dan panjang umur ya, mbah!

Gudeg Mbah Lindu
Lokasi: Jl. Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi