Pisang Gapit | Makanan Kuliner Khas Kalimantan Timur

pisang gapit

Pisang Gapit adalah salah satu kuliner khas Kalimantan Timur yang berbahan dasar pisang yang masih setengah matang dan biasanya digunakan untuk membuat pisang goreng, contohnya seperti pisang kapok, pisang tanduk, ataupun pisang sanggar. Cara pembuatannya, pisang yang sudah dikupas kulitnya, kemudian dipanggang pada jepitan. Setelah pisang menjadi pipih, pisang dicampur dengan saus yang terbuat dari gula merah dan bahan lainnya.

Bahan pembuatan saus khusus tersebut adalah saus yang terbuat dari gula merah, santan,daun pandan, garam dan tepung maizena. Pada proses pembuatannya, gula merah di rebus dengan air sampai mendidih kemudian di saring airnya. Setelah itu di rebus kembali dengan santan dan daun pandan. Tidak lupa tambahkan larutan tepung maizena dan garam, lalu di aduk sampai rata.

Dalam proses penyajiannya, pisang yang sudah di panggang tadi di siram dengan saus. Selain itu dalam penyajiannya, ada beberapa variasi atau kreasi untuk menambah cita rasa dari Pisang Gapit tersebut. Contohnya seperti di taburkan dengan keju atau mesis coklat. Tentunya kreasi tersebut di sesuaikan dengan selera kita sendiri.

Dalam perkembangannya, Pisang Gapit menjadi jajanan yang sangat populer di Kalimantan timur. Selain kita bisa menemukannya di warung pinggir jalan, Pisang Gapit juga menjadi salah satu hidangan di beberapa hotel ternama di Kalimantan timur. Jajanan satu ini bisa di nikmati oleh berbagai kalangan, selain itu kita bisa membuatnya sendiri karena prosesnya yang sederhana.

Resep Pisang Gapit

Bahan Utama

  • 10 buah pisang
  • keju parut untuk taburan

Bahan Saus Santan Gula Merah

  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa parut
  • 2 lembar daun pandan
  • 85 gram gula merah disisir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 bungkus (1/2 sdt) vanili bubuk
  • 3 sdm tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air
  • 100 ml air
  • bisa tambahkan nangka jika ada

Cara Membuat Pisang Gapit

  1. Kupas pisang dari kulitnya, lalu bakar kedua sisi pisang hingga setengah matang. Pipihkan secukupnya tetapi tidak terlalu pipih, dengan penjepit kayu atau bisa pakai rolling pin maupun ditekan pakai spatula. Kemudian bakar lagi hingga dirasa matang dan bolak-balik agar tidak gosong dan matang merata.
  2. Membuat saus gula merah; rebus gula merah bersama air, garam, vanili dan 1 lembar daun pandan. Aduk rata dan masak hingga mendidih dan gula larut, angkat dan saring.
  3. Setelah disaring, kemudian masak kembali bersama santan dan sisa 1 lembar daun pandannya, aduk-aduk agar santan tidak pecah dan masak hingga mendidih. Tambahkan larutan maizena, aduk hingga saus mengental, matikan api.
  4. Potong-potong pisang yang sudah dipanggang tadi, sirami dengan saus santan gula merah, serta lengkapi penyajian spesial pisang bakar gapit dengan taburan keju parut.