Masakan Khas Rawon dari Surabaya Jawa Timur

masakan khas rawon

Pernahkah anda melihat atan mendengar masakan rawon di Indonesia? Untuk anda yang berada di ibukota Jakarta, tentu makanan jenis rawon sudah tidak asing di telinga anda. Namun, sebenarnya masakan khas rawon adalah makanan tradisional yang berasal dari Jawa Timur berupa sup daging dengan kuah yang berwarna hitam.

Warna hitam dari kuah rawon ini terbuat dari kluwak dan dimasak dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas sehingga sangat menggugah selera. Bahkan saat ini rawon menjadi salah satu makanan tradisional yang terkenal dan menjadi salah satu makanan kuliner di Jawa Timur.

Proses Pembuatan dan Penyajian Masakan Khas Rawon

Daging yang digunakan pada masakan rawon ini umumnya adalah daging sapi yang sudah direbus dan dipotong kecil – kecil. Bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, kluwak, kunir dll juga dihaluskan.

Penyedap rasa bisa menggunakan tambahan serai, daun jeruk dan lengkuas. Bumbu-bumbu tersebut kemudian di tumis hingga harum. Kemudian dicampurkan dan dimasak bersama dengan kaldu dan potongan daging hingga matang.

Masakan rawon ini disajikan bersama dengan nasi hangat dan dilengkapi dengan tauge kecil yang sudah masak dan direbus terlebih dahulu. Sebagai penambah rasa, anda dapat menambahkan daun bawang, sambal, dan jeruk nipis sesuai dengan selera kita.

Rawon ini sangat pas untuk disantap saat masih hangat bersama pelengkap selera lain seperti kerupuk udang, telur asin, dan daging sapi goreng atau empal.

Cita Rasa Rawon

Bahan dan pembuatan rawon ini memunculkan cita rasa yang sangat khas dengan aroma dan rasa yang tentunya sangat menggugah selera. Perpaduan dagingnya yang empuk dengan rasa manis, gurih, dan legit dari kuahnya yang hitam membuat rasa yang pas pada lidah.

Selain itu, yang menjadi keistimewaan dari rawon ini adalah rasa yang dihasilkan dari kluwak yang merupakan resep rahasia dari Pasuruan, memberikan aroma kuat dan sensasi rasa yang khas pada makanan tradisional satu ini.

Perkembangan Rawon di Indonesia

Seiring berjalannya waktu, Rawon tidak hanya berkembang di sekitar Jawa Timur saja, tetapi juga sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini karena banyaknya perantau dari Jawa Timur yang ke luar daerah dan mencoba menjadikan Rawon sebagai bisnis mereka dan sebagai obat rindu akan kampung halaman mereka.

Nah guys, itu adalah beberapa penjelasan tentang asal usul masakan khas Jawa Timur Rawon yang banyak ditemukan di berbagai daerah. Walaupun begitu, anda tetap harus mencoba masakan asli dari Jawa Timur langsung agar mengetahui cita rasa sebenarnya dari masakan ini. Semoga bermanfaat.