Jajanan Rempeyek Yutuk Khas Cilacap

rempeyek yutuk

Rempeyek Yutuk adalah makanan jenis rempeyek yang terbuat dari Yutuk. Yutuk merupakan hewan pantai yang banyak di temukan di pesisir pantai selatan, salah satunya adalah di daerah pantai Cilacap. Makanan satu ini dijadikan salah satu makanan tradisional khas dari Cilacap, Jawa tengah.

Makanan ini sangat unik, apabila rempeyek pada umumnya menggunakan kedelai atau kacang tanah, namun rempeyek satu ini menggunakan Yutuk sebagai isi rempeyeknya.

Yutuk ini merupakan hewan yang hidup di pantai yang berukuran kecil yang memiliki cangkang, bentuknya hampir sama dengan kepiting, namun berwarna coklat kehitaman. Di daerah lain hewan ini juga sering di sebut dengan undur – undur laut.

Proses Pembuatan Rempeyek Yutuk

Dalam proses pembuatannya hampir sama dengan rempeyek lainnya, sebelumnya Yutuk di bersihkan terlebih dahulu. Kemudian diletakkan di atas satu sendok adonan rempeyek.

Satu sendok adonan akan menghasilan satu buah rempeyek. Setelah itu di goreng dengan cara di lebarkan agar hasilnya lebih tipis dan krispi. Salah satu keunikan dari yutuk ini setelah di goreng biasanya akan terlihat berwarna merah seperti udang.

Dalam penyajiannya, rempeyek yutuk ini biasanya di santap bersama dengan sayur pecel. Namun kita juga bisa menjadikannya sebagai lauk untuk makanan lainnya.

Selain itu Rempeyek Yutuk ini juga bisa dijadikan cemilan, karena rasanya yang gurih dan renyah. Namun untuk kita tidak bisa memakannya terlalu banyak. Apabila anda mengkonsumsi terlalu banyak, akan membuat kepala anda pusing.

Rempeyek yutuk ini sangat mudah kita temukan di pesisir pantai Cilacap. Disana banyak warung pinggir pantai yang menjajakan makanan ini. Selain dapat kita nikmati secara langsung di sana, kita juga bisa membawa pulang jajanan kuliner ini sebagai oleh-oleh.

Nah, bagi anda yang berkunjung ke Cilacap, Jawa tengah. Maka kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan tradisional satu ini. Cukup sekian pengenalan tentang “Rempeyek Yutuk Makanan Tradisional dari Cilacap, Jawa tengah”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.