Masakan Gado-Gado Khas Betawi

gado-gado

Gado-gado adalah salah satu makanan khas nusantara yang di buat dari sayur-sayuran rebus dan berbagai campuran seperti kentang rebus, telur rebus,tempe,tahu , kerupuk yang di sirami dengan bumbu kacang.

Sama seperti lotek atau pecel yang sudah saya bahas sebelumya, gado-gado merupakan salah satu salad khas Indonesia. Hanya saja yang membedakan adalah bahan yang di gunakan dan penyajiannya.

Pembuatan Kuliner Gado-Gado

Pada pembuatannya, gado-gado menggunakan bahan sayuran seperti selada, kubis, bunga kol, kacang panjang, taoge, wortel, tomat dan mentimun. Serta bahan tambahan seperti kentang rebus dan telur rebus.

Apa bila pecel atau lotek mencampurkan bumbu dengan bahan sayuran tadi dengan di ulek atau di tumbuk, maka gado-gado mencampurkannya dengan cara di siram di atas bahan-bahan tersebut. Sama seperti pecel dan lotek, gado – gado bisa disantap dengan lontong atau nasi.

Asal mula makanan ini masih belum bisa di ketahui pastinya. Namun beberapa sumber referensi mengatakan bahwa makanan ini berasal Dari masyarakat betawi. Terbukti bahwa saat ini banyak kita temukan di Jakarta.

Namun seiring dengan perkembangannya makanan khas Betawi ini menyebar ke berbagai tempat di Indonesia. Sehingga bagi kita yang jauh dari ibu kota Jakarta tidak perlu jauh ke sana untuk merasakannya.

Kuliner ini sangat mempunyai cita rasa yang Indonesia banget. Terbukti bahwa berbagai lapisan masyarakat dapat menikmati dan menyukai kuliner satu ini. Rasa gurih dari bumbu kacang dan campuran sayuran dan bahan lainnya yang sangat menyehatkan sehingga kaya akan gizi yang berguna bagi tubuh kita. Bagi anda yang cinta akan kuliner nusantara, maka wajib mencoba kuliner satu ini.

Nah, cukup sekian pembahasan tentang“Kuliner Nusantara gado-gado”. Semoga tulisan di atas dapat menambah pengetahuan dan referensi anda untuk menikmati berbagai macam kuliner nusantara.