Cari Makanan Jawa, Di Jakarta Sudah Ada Lho

makanan jawa di jakarta

Khusus buat kalian, para perantau yang datang ke Jakarta, tentu kalian kangen dengan masakan khas kampungkan? Gak perlu nunggu lebaran untuk pulang kampung koq, sekarang di Jakarta juga ada beberapa restoran yang menjual jenis makanan Jawa.

Selera Meneer

Makanan Jawa di Selera Meneer ini enak-enak banget dan bisa bikin kamu nostalgia. Tempatnya yang besar dan sepi juga enak lho buat kumpul-kumpul keluarga. Menu andalan di restoran keluarga ini adalah masakan klasik khas Semarang, Chinese food, dan juga menu peranakan. Rasa Bistik Ayam Meneer pasti bikin kamu jatuh cinta. Menu masakan Jawa ini berupa dada ayam fillet yang disajikan dengan sayuran, potato wedges, potato chips, dan asinan. Kemudian ada siraman saus yang rasanya begitu manis dan gurih, bener-bener bikin nagih!

Lokasi:

  • Jl. KH Ahmad Dahlan No. 30, Gandaria, Jakarta. Telp. (021) 29055155.

Ayam Bakar Wong Solo

Kamu suka banget makan ayam ala masakan Jawa? Coba deh sesekali nyobain Ayam Penyet di Ayam Bakar Wong Solo. Rasanya super lezat dan yang makin bikin nampol itu adalah sambel penyetannya. Pedesnya mantap dan bikin kangen kampung halaman! Ayam bakar di rumah makan Wong Solo juga recommended soalnya bumbunya itu sangat meresap sampai ke dalam dagingnya. Dijamin deh, satu porsi nggak akan cukup buat kamu saking enaknya.

Lokasi:

  • Mall Ambassador, Lantai 4, Food Court 1, Jl. Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta. Telp. 0811-6112-42.
  • ITC Cempaka Mas, Lantai 5, Food Court, Jl. Letjen Suprapto, Kemayoran, Jakarta.
  • Jl. Lapangan Ros No. 29, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 8282057.

Gula Merah

Restoran Gula Merah itu surganya makanan tradisional Indonesia, termasuk masakan Jawa. Sesuai dengan namanya, sebagian besar makanan yang ada di restoran Indonesia ini punya bahan dasar gula merah. Kalau makan di sini kamu nggak boleh lewatin menu Empal yang jadi spesialis restoran ini. Daging empal nya juicy dan lembut sekali. Apalagi saat disantap dengan nasi bakar yang dibungkus dengan daun pisang. Aroma daun pisangnya itu sangat menggoda dan bikin perut makin lapar.

Lokasi:

  • Setiabudi One, Lantai Ground, Jl. HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta. Telp. (021) 52904221.
  • Bintaro Jaya Xchange Mall CBD, Lantai Upper Ground, Jl. Boulevard Bintaro Jaya,, Tangerang, Pondok Aren, Jakarta. Telp. (021) 7419200.
  • Mall @ Alam Sutera, Lantai Ground, Jl. Jalur Sutera Barat, Pinang, Tangerang. Telp. (021) 30448703.

Gudeg Kandjeng

Ngomongin masakan Jawa nggak akan lengkap tanpa menyebut gudeg, masakan khas Yogyakarta. Rajanya gudeg di Jakarta di mana lagi kalau bukan di Gudeg Kandjeng. Gudeg di sini rasanya autentik banget, manisnya pas, dan tidak terlalu basah. Makan gudeg itu paling cocok saat disandingkan dengan opor ayam, krecek, telor pindang, dan tempe mendoan. Nah, rasa menu-menu pendamping tersebut di restoran ini nggak ada yang mengecewakan. Buat minumannya sih paling pas kalau pesan Es Beras Kencur yang legendaris itu, rasanya segar dan pastinya sehat.

Lokasi:

  • Jl. Hang Tuah 10 No. 10, Blok M, Jakarta. Telp. (021) 71594977.

Omah Sendok

Butuh rekomendasi restoran Jawa di Senopati? Kamu bisa mampir ke Omah Sendok. Tempatnya cozy berat lho dan ada sentuhan vintage dengan penggunaan furnitur kayu di mana-mana. Area outdoor di restoran ini juga seru, karena ada kolam renang dan taman yang bikin suasana makin adem. Buat yang kangen sama urap alias salad sayuran khas Jawa, kamu bisa pesan Nasi Urap. Isinya lengkap, ada urap, bakwan jagung, rempeyek, dan empal.

Lokasi:

  • Jl. Taman Mpu Sendok No. 45, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 5214531.

Mbah Jingkrak

Begitu masuk ke dalam rumah makan Mbah Jingkrak, kamu akan disambut oleh sederet masakan Jawa yang bisa bikin kamu kalap saat memilihnya. Rasanya tuh semua menu mau dipesan karena penampilannya begitu menggoda. Nggak usah takut kantong bolong, harga makanannya terjangkau semua. Hampir semua menu Mbah Jingkrak itu punya cita rasa yang luar biasa enak. Buat yang nggak bisa hidup tanpa sambal, Sambal Kuntilanak nya wajib dipesan. Pedasnya parah banget! Nah, sambal pedas kayak gitu, paling enak buat jadi cocolan Ayam Rambut Setan. Ini adalah ayam goreng super pedas dengan daun kemangi yang aromanya bikin nafsu makan makin bertambah.

Lokasi:

  • Jl. Setiabudi Tengah No.11, Setiabudi, Jakarta. Telp. (021) 5252605.
  • Jl. Panglima Polim 9 No. 19 A, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 7203772.

Suwe Ora Jamu

Masih ingat nggak, jaman dulu tuh kayaknya gampang banget cari mbok jamu keliling. Sekarang mbok jamu kayak begitu mungkin udah nggak ada lagi, tapi kamu tetap bisa kok minum jamu yang Jawa banget di Jakarta. Ada kedai jamu bernama Suwe Ora Jamu yang menjadikan jamu nge-hip lagi. Konsep unik ini bikin banyak orang penasaran dan tertarik mampir ke sini. Pilihan jamu nya ada banyak, tapi nggak ada yang bisa ngalahin kedahsyatan Beras Kencur di restoran Jawa ini. Rasanya bikin inget masa kecil dan ada versi buat di take away juga lagi. Buat isi perut, Nasi Krengseng nya boleh banget dicoba. Ini berupa nasi dengan taburan daging kambing di atasnya, dan disajikan dengan sambal matah yang super yummy.

Lokasi:

  • Jl. Petogogan No. 28, Gandaria, Jakarta. Telp. (021) 72790590.
  • Jl. Warung Jati Barat No. 2, Pasar Minggu, Jakarta. Telp. (021) 7900879.